RMOL. Universitas Malikussaleh adalah tempat ketiga yang didatangi Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), selama berada di Nanggroe Aceh Darussalam.

AHY kembali dipercaya untuk memberikan kuliah umum. Tema yang diangkat pada kuliah umum tadi pagi adalah “Kebersamaan dalam Membangun Peradaban Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Demikian informasi yang disampaikan tim komunikasi The Yudhoyono Institute.

Kepada para mahasiswa Unimal, AHY menyampaikan bahwa salah satu prasyarat yang harus diwujudkan untuk menuju Indonesia Emas 2045 adalah Indonesia harus aman dan damai. Keadaan itu harus tercipta meski tantangan dan peluang di abad 21 sama-sama besar.

“Contoh terbaik adalah Serambi Mekkah ini. Harus kita syukuri perdamaian yang ada di Aceh ini. Tidak boleh kemudian kita anggap itu terjadi dengan sendirinya. Itu perjuangan yang luar biasa,” ujar AHY, di Gor ACC Unimal Cunda, Lhokseumawe, Rabu (15/11).

AHY memberikan kuliah umum sambil berjalan mengelilingi setiap sudut ruangan dan berinteraksi dengan para mahasiswa. Kesempatan itu tidak disia-siakan peserta kuliah umum. Mereka berebut meminta AHY untuk “selfie”.

“Saya tentu bersyukur melihat perdamaian secara umum yang ada di Indonesia. Dan ketika kita sudah menghirup udara perdamaian, keamanan, maka kita harus perjuangkan itu, harus kita rawat, harus kita terus bangun sampai kapanpun,” lanjut AHY.

Sebelumnya, saat membuka kuliah umum AHY,  Rektor Universitas Malikussaleh, Prof. Dr. Apridar, mengatakan, kuliah umum hari ini dimotori para mahasiswa yang menginginkan sosok muda inspiratif yang bisa memberikan contoh kepada kaum muda pada umumnya.

Selama tiga hari berada di Aceh, AHY mengunjungi dua kota dan tiga kabupaten. Selama itu, AHY sudah memberikan kuliah umum kepada lebih dari 7000 mahasiswa serta meninjau program donor darah AHY Foundation di kampus-kampus.

Selain menyerukan semangat Indonesia Emas 2045, AHY juga memberikan selamat kepada para pemuda dan masyarakat Aceh atas dinobatkannya Laksamana Keumalahayati sebagai Pahlawan Nasional bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November lalu. [ald]

 

Sumber : http://politik.rmol.co/read/2017/11/15/314613/AHY:-Menuju-Indonesia-Emas,-Indonesia-Harus-Aman-Damai-