Jakarta; Jenazah mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Doni Monardo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/12). Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut hadir di pemakaman tersebut.

“Kita semua sangat kehilangan, berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya seorang figur yang luar biasa Letjen TNI (Purn.) Doni Monardo. Beliau saya kenal sebagai seorang tokoh pemimpin di jajaran TNI Angkatan Darat yang memiliki dedikasi dan komitmen yang begitu tinggi, serta selalu mengedepankan profesionalisme, disiplin, dan selalu berbuat yang terbaik dalam tugas apapun yang beliau jalankan,” ucap AHY.

Doni Monardo juga pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres pada era pemerintahan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

“Dari bawah hingga puncak, sejak aktif hingga purnawirawan, dan kemudian mengabdi untuk sesuatu yang lebih luas lagi untuk masyarakat sebagai Kepala BNPB dan secara khusus sebagai Komandan Satgas Penanganan Covid-19 pertama kali, yang tentunya sangat menentukan ketika itu untuk menyelamatkan jiwa manusia yang juga dalam situasi serba tidak menentu, tapi beliau hadir dengan kepemimpinan, dengan manajemen yang efektif, sehingga bisa dicegah korban yang lebih besar lagi,” sambung AHY.

AHY berharap figur beliau bisa menjadi teladan bagi semua. “Yang jelas bagi kita yang mengetahui beliau, kita bersyukur ada figur-figur senior seperti itu yang bisa terus kita teladani,” harap AHY.

AHY turut mendoakan dan ikut tabur bunga secara langsung, sesaat setelah proses pemakaman selesai. “Semoga beliau husnul khotimah, diterima di sisi terbaik Allah SWT, diampuni segala dosa dan khilafnya, diterima segala amal ibadahnya dan keluarga yang ditinggalkan juga semoga diberikan kekuatan, ketabahan, kesabaran dan kelapangan dada sehingga bisa melanjutkan kegiatan, kehidupan sehari-hari dengan terus mengenang jasa-jasa beliau. Semoga kita juga dapat terus meneladani segala legacy dan hal-hal baik selama hidupnya,” tutup AHY.

AHY tiba di lokasi menggunakan setelan jas dan kemeja berwarna hitam. Pemakaman Doni Manardo dilakukan secara militer dipimpin oleh Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto sebagai Inspektur Upacara (Irup). Upacara pemakaman Doni dimulai sekitar pukul 11.05 WIB. Cuaca mendung sepanjang prosesi pemakaman. (adt/csa)