Jakarta: “Raden Ajeng Kartini mengajarkan kita untuk berani bermimpi dan meraih cita-cita yang besar, kemerdekaan dan kesetaraan, sesulit apapun itu situasinya,” ucap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Selasa (21/4) sore, AHY menyampaikan pesan tersebut melalui video berdurasi satu menit tujuh belas detik yang ia unggah melalui akun Instagramnya, @agusyudhoyono.

Lebih lanjut AHY menjelaskan bahwa semangat kesadaran dan kesetaraan yang diwariskan R.A. Kartini akan selalu relevan dalam membangun negeri di abad ke-21. AHY juga berpendapat bahwa perempuan adalah mitra sejajar bagi laki-laki dalam memperjuangkan nasib dan masa depan generasi bangsa, hari ini dan selanjutnya.

“Selamat Hari Kartini. teruslah berdaya, teruslah berkarya, teruslah berprestasi,” pesan AHY. “Bersama mari kita lanjutkan perjuangan dan pengabadian kita untuk Ibu Pertiwi, Indonesia yang sama-sama kita cintai,” lanjutnya.

R.A. Kartini adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang dikenal sebagai pelopor emansipasi wanita. Karya terkenalnya, “Habis Gelap, Terbitlah Terang” dianggap sebagai salah satu buku yang memberikan dampak dan inspirasi besar terhadap kaum perempuan maupun pria. Buku tersebut berisi kumpulan surat kehidupannya. “Marilah perempuan, gadis. Bangkitlah, marilah kita berjabat tangan dan bersama-sama mengubah keadaan yang membuat derita ini,” – R.A. Kartini (21 April 1879-17 September 1904). (adw/csa)