Jakarta: Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut meresmikan Perpustakaan Islamic Center Indonesia di Masjid Al Awwabin (atau dikenal juga dengan Majelis Ta’lim Kwitang), kawasan Islamic Center Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (21/11) sore.

Perpustakaan ini diresmikan langsung oleh tokoh agama terkemuka Habib Ali bin Abdurrahman bin Muhammad bin Ali Al-Habsyi. Beliau kerap dikenal sebagai Habib Ali Kwitang, dan menjadi generasi keempat yang memimpin salah satu Majelis Taklim tertua di Jakarta ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo juga turut meresmikan perpustakaan ini.

“Assalamualaikum,” sapa AHY kepada ribuan jamaah, disambut gemuruh salam, seraya berjalan menuju perpustakaan yang terletak di dalam Masjid Al Awwabin itu. Di dalam ruangan berukuran sekitar 20x8m itu, AHY mengikuti doa bersama dan gunting pita untuk meresmikan perpustakaan tersebut.

Habib Ali Kwitang kemudian mengajak AHY untuk melihat barang-barang peninggalan keluarga Al-Habsyi yang disimpan secara turun temurun. Barang-barang seperti sorban, baju koko, dan kamera film milik keluarga Al-Habsyi tersimpan rapi dalam lemari kaca untuk publik.

Salah satu barang yang menarik perhatian AHY adalah peninggalan Al-Quran keluarga Al-Habsyi berukuran sepanjang satu meter, berusia 80 tahun. Sampul Al-Quran tersebut terbuat dari lapisan kulit berwarna coklat. Ayat-ayat Al-Quran ditulis tangan diatas kertas kanvas. Beda dengan barang peninggalan yang lain, Al Qur’an raksasa ini dapat dipegang oleh masyarakat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Maulid Akhir Khamis Majlis Ta’lim Al Habib Ali Alhabsyi (Maulid Nabi Muhammad SAW). Ini peringatan tahun ke-99, dipimpin langsung oleh Habib Ali Kwitang yang menyambut baik kedatangan AHY.

“Telah hadir di tengah-tengah kita Bapak Agus Harimurti Yudhoyono, dan banyak lagi para tamu yang hadir. Mudah-mudahan membawa keberkahan di dalam acara Maulid Akhir Khamis di Majlis Ta’lim Kwitang pada sore ini,” ucap Habib Ali Kwitang. Gubernur Anies Baswedan juga secara khusus menyapa AHY saat memberi sambutan.

AHY kemudian secara khusyuk mengikuti prosesi acara Maulid sebelum meninggalkan lokasi untuk melanjutkan kegiatannya. Kegiatan ini dihadiri sekitar 10 ribu jamaah, termasuk dari luar kota. Sebelum peringatan Maulid, AHY mengikuti salat Ashar bersama para jamaah.

AHY yang mengenakan jas biru, peci hitam, dan sarung dengan paduan warna hitam dan biru muda tiba di tempat acara sekitar pukul 14.29 WIB. Habib Ali Kwitang menyambut kedatangan AHY dan mengapresiasi AHY yang tiap tahun selalu hadir dalam Maulid ini. Habib Ali, AHY, Gubernur Anies Baswedan dan mantan Gubernur Fauzi Bowo diarak para jamaah menuju tempat acara.

Keluarga Al-Habsyi sudah lama bersahabat dengan keluarga Yudhoyono. Pada tahun 2016, Habib Ali menemani AHY menunaikan ibadah umroh. Pada Januari 2018, saat Habib Abdurrahman Kwitang, yang merupakan Ayahanda dari Habib Ali Kwitang wafat, AHY datang melayat. (adw).